SHOLAT ISYRO ATAU SHOLAT SURUQ DI MASJID NURUL HUDA JATIWINANGUN PURWOKERTO














Assalamualaikum Wr. Wb
Alhamdulillahirabbil’alamin Puji syukur  kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua,  Masjid Nurul Huda Jatiwinangun  Purwokerto pada  Hari Ahad tanggal  2 Muharam 1441 atau 1 September  2019 telah menyelenggarakan sholat subuh berjamaah yang dilanjutkan dengan tausiah ( pengajian)  subuh,   sholat  Isyro’ atau suruq dan berakhir dengan sarapan pagi bersama,
Kegiatan ini adalah merupakan salah satu program  dari Takmir Masjid Nurul Huda yang Insya Alloh akan diadakan rutin setiap hari Ahad  pada Akhir bulan,   Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan  tentang ilmu islam bagi muslimin dan muslimat khusunya para jamaah di sekitar masjid Nurul Huda Jatiwinangun Purwokerto,  karena setiap muslim  diwajibkan untuk menuntut ilmu,  manusia diciptakan oleh Alloh semata-mata  untuk beribadah meninggalkan maksiat serta bertaqwa kepada Alloh  harus dilandasi dengan ilmu. 
Oleh karena itu Takmir Masjid Nurul Huda sangat mengharap kehadiran  Bapak/Ibu/Saudara  masyarakat di sekitar Masjid Nurul Huda Jatiwinangun untuk selalu hadir dalam acara kajian-kajian yang ada  di Masjid Nurul Huda dan khususnya pada acara Sholat  Subuh Berjamaah,  yang dilanjutkan dengan pengajian subuh,  sholat suruq serta sarapan pagi bersama.
Untuk pertama kalinya di masjid Nurul Huda Jatiwinangun di adakan sholat suruq yang diawali dengan pengajian subuh dan diakhiri dengan sarapan pagi bersama  dengan  menampilkan sebagai pembicara Ustad Imam Suyanto, S.Ag.
Ustad Imam Suyanto S.Ag,  salah satu ceramahnya  menyampaikan Surat At-Taubah Ayat 36  yang berisi bahwa bulan dalam Kalender  Hijriyah  ada 12  bulan dalam satu tahun,   sama seperti jumlah bilangan bulan yang  dibawa oleh  nabi Isa AS. Pada waktu Nabi Muhammad lahir nama bulan sudah ada tetapi untuk bilangan tahun  belum ada.  Oleh kerana itu dalam sejarah kelahiran Nabi Muhammad  diabadikan erat dengan  peristiwa penyerangan  Raja Abrahah  dengan menggunakan pasukan gajah  untuk menghancurkan  kabah di Mekah. Dari 12 bulan di Tahun Hijriyah ada 4 bulan yang mulia di Tahun Hijriyah   yaitu. Rajab, Dzulqaidah, Zulhijah dan Muharram
Serta Surat At-Taubah Ayat 20 yang  isi kandungannya  yaitu mereka orang-orang yang  mengorbankan harta benda  dan jiwanya untuk berjihad  menegakan kalimat Alloh.
Setelah Pengajian yang disampaikan oleh Ustad Imam Suyanto ditutup,  kemudian dilanjutkan dengan Sholat  Isyro atau Sholat Suruq dan diakhir sarapan bersama  dengan menu    opor  ayam lontong dan roti bakar Khas Bandung   si Pelita produk dari Alumni Penghuni Asrama Masjid Nurul Huda Jatiwinangun dengan alamat Jalan  Sunan Ampel Kedungmalang Kecamatan Sumbang.

0 comments:

Post a Comment