PENGAJIAN AHAD PAGI AKHIR BULAN



























 

JATIWINANGUN.   Alhamdulillah Takmir Masjid  Nurul Huda Jatiwinangun Purwokerto dapat melaksanakan kembali Pengajian Ahad pagi akhir bulan yang beberapa bulan terkahir setalah Idul Fitri tidak diselenggarakan Kajian Ahad Pagi Akhir Bulan.

Pengajian Ahad Pagi Akhir bulan ini dilaksanakan pada hari Ahad Pon tanggal 30 Juni 2024 di masjid Nurul Huda Jatiwinangun Purwokerto,  sebelum acara pengajian terlebih dahulu diawali dengan sholat subuh berjamaah,  Selesai  Sholat subuh  kemudian jama’ah mendengar Tausyiah dari Ustad Drs. H. Ahmad Kifni,  dengan Tema Pertolongan Alloh Sesuai Dengan Kehendak-Nya, kemudian dalam Tausyiahnya Ustad menyampaikan bahwa  untuk selalu tetap bersyukur dan  memohon pertolongan kepada Alloh  ketika sedang dicoba ujian. Sebagaimana kisah yang telah terjadi ketika :

1.    1. Nabi Isa, masih bayi bisa bicara membela ibunya Maryam (QS. Maryam 29:30)

Ketika Maryam diolok-olok, dihina, dimaki dan dituduh serong tapi atas petunjuk  Alloh SWT maryam diam  saja, tidak menjawab. kemudian datang pertolongan Alloh  dengan   Dia menunjuk bayi yang waktu itu diletakkannya dalam ayunan. Dengan isyarat tangan Maryam mempersilahkan mereka bertanya langsung kepada bayinya itu. Tentu saja kaumnya heran dan jengkel. Bagaimana mungkin bayi dalam ayunan  dapat berbicara. Allah SWT berfirman:

(29) Maka Maryam menunjuk kepada anaknya. mereka berkata: “Bagaimana Kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?”:

(30) Dia (isa) berkata,  “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi,” 

2.    2. Alloh melindungi Baitulloh dari kedzaliman Abrahah (QS. Al-Fil : 3 – 5)

Ketika Kabah akan diserang oleh pasukan Abrahah penduduk kabah tidak mampu menandingi pasukan Abrahah yang kuat sehinnga Alloh SWT  kemudian Alloh menurunkan pasukan burung Ababil dengan membawa batu dari neraka dan menjatuhkan ke pasukan gajah, kemuidian pasukan gajah berlimpangan  seperti daun dimakan ulat, akibat panasnya batu  yang di bawa burung ababil tetapi anehnya burung ababil tidak merasa panas. Sebagai Fiman Alloh SWT. :  (3) dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondng, (4) yang melempari mereka dengan btu d ri tanah liat yang dibakar, (5) sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-duan yang dimakan (ulat)

3.    3. Nabi Ayyud, disembuhkan penyakitnya oleh Alloh (QS.. As-Shad : 41 -42)

Ketika Nabi Ayyud terserang penyakit  yang tidak sembuh-sembuh tetapi Nabi Ayyub tetap sabar, kemuidan Nabi Ayyub minta pertolong kepada Alloh SWT,  (41) Dan ingatlah akan hamba  Kami Ayyub ketika dia menyeru Tauhnannya “Sesungguhnya akan diganggu setan dengan penederitaan dan bencana.” (42) (Alloh berfimran),” Hendakkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mendi dan untuk minum”

4.    4. Nabi Yusuf diangkat dari sumur atas rahmat Alloh QS. Yusuf :19)

Ketika Nabi Yusuf dibuang ke sumur oleh saudara-saudaranya  tetapi atas pertolong Alloh Nabi Yusuf dapt diselamatkan oleh seorang musafir (pedagang)  yang akan mengambil air di sumur untuk diminum . 

5.    5. Sarah Isteri Nabi Ibrohim, hamil di usia tua (QS. Hud : 72)

Dia (isterinya) berkata, “Sungguh mengherankan! Mungkinkah aku akan melahirkan (anak) padahal aku sudah tuda dan suamiku ini sudah renta? Sesungguhnya ini benar-benar sesuatu yang ajaib.”

6.    6. Api tidak membakar Nabi Ibrahim (QS. Al_anbiya : 69)

Ketika Nabi  Ibrahim mau di bakar datanglah pertolongan Alloh  dengan memerintahkan api yang membakar agar menjadi dingin.

Kami (Alloh) berfirman “: Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelemat bagi Ibrahim.”

7.    7. Domba yang besar menggantikan posisi Nabi Isma’il (QS. As-Shaffat : 106-107)

Ketika Nabi Ismail mau dikorbankan  datanglah pertolongan Alloh SWT.

(106) Sesunbgguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. (107) dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.

8.   8.  Laut mengering menjadi jalan bagi Nabi Musa dan pengikutnya  (QS. Thaha : 77) Ketika Nabi Musa dikejar tentara Fir’aun, setelah sampai pinggiran laut datanglah pertolongan Alloh SWT untuk membelah lautan .

 Kesimpulan :

Kita untuk  tidak berputus asa, untuk selalu berdoa meminta pertolongan Alloh, pasti
Alloh akan mengabulkannya dan doa yang terkabul bisa berbentuk yang lain. Sebagai contoh minta rezeki yang banyak tetapi tidak diberi harta yang banyak tetap miskin tetapi Alloh memberikan  kesehatan sehingga bisa mencari harta dan bisa menikmati hartanya.

Lebih utama sehat dari pada harta.

 


0 comments:

Post a Comment